Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Sidoharjo Kab.OKU Timur

Authors

  • Ali Mustofa STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
  • Munira Ira Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v1i2.123

Keywords:

Peran TPA (Taman Pendiikan Al-Qur’an), Kualitas Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Islam dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-qur’an di desa sidoharjo kabupaten OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di TPA Nurul Islam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian : 1. Metode pendidikan baca tulis Al-Qur’an di TPA Nurul Islam lebih menekankan pada aspek keterampilan keaagamaan yang paling dasar, yaitu keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an, serta penguasaan sejumlah hafalan yang terkait dengan pelaksanaan shalat dan doa harian. 2. Siswa sudah memiliki kemampuan dasar dalam membaca Al-Qur’an. 3. Faktor pendukung pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPA Nurul Islam adalah adanya motivasi dari orang tua siswa untuk lebih memperhatikan kemajuan anaknya dalam Baca Tulis Al-Qur’an, Adanya sifat keteladanan yang dicerminkan oleh seorang pengajar atau guru dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, dan adanya keaktifan antara guru dan siswa dalam proses pembelajara baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan Faktor penghambat pembelajaran baca tulis Al-Qur’an adalah faktor nya lebih ke lingkungan sekitar dan orang tua, adapun siswa yang memiliki keluarga broken home mereka tidak memiliki dorongan yang kuat dari orang tuanya untuk setiap
kegiatan yang mereka lakukan.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Mustofa, A., & Ira, M. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Sidoharjo Kab.OKU Timur. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 1(2), 115–126. https://doi.org/10.30599/jupin.v1i2.123
Abstract Views: 315 | File Views: 1045