https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/issue/feed Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi 2024-01-31T08:43:52+00:00 Open Journal Systems <div class="deskripsi"> <ol> <li>Journal Title: <a href="http://jsr.unuha.ac.id/index.php/binary">BINARY </a></li> <li>Initials: BINARY</li> <li>Frequency: -</li> <li>Online ISSN: -</li> <li>Print ISSN: -</li> <li>Editor in Chief: M Iqbal Mustofa</li> <li>DOI: -</li> <li>Publisher: Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Huda</li> </ol> </div> <p><strong>Jurnal Binary</strong> is Journal of Information Technology and Education managed by the Information Technology Education Study Program, Faculty of Education, Nurul Huda University. Binary Journal is published three times a year, namely in January, May, October.</p> <p>Binary has coverage of research in the fields of information technology development, learning media, learning technology, software design, and education. Binary is open access and can be read by anyone. </p> <p>Editorial address : <br />Kampus Universitas Nurul Huda. Jl. Kota Baru Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. </p> <p>Phone Number : +62 823 8698 7273</p> <p> </p> https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/788 Rancang Bangun Website Menejemen Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Sekolah 2024-01-31T03:36:33+00:00 Uli Rizki Uli uli@unuha.ac.id Puput Cendana Sari Puput 2puputcendana1101@gmail.com thafa thafa miqbalmustofa90@gmail.com Dimas Satriadi Dimas dimassatriadi0@gmail.com <p><em>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan konstruksi situs web yang menyediakan informasi dan fasilitas pembayaran SPP secara online untuk SMK Nurul Huda Buay Madang. Tujuan utamanya adalah mengatasi kelemahan dalam sistem pembayaran SPP yang masih manual di sekolah tersebut, serta kurangnya informasi yang memadai tentang sekolah. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet, penyediaan informasi seputar SMK Nurul Huda Buay Madang dan proses pembayaran SPP dapat dioptimalkan melalui pembuatan situs web, memudahkan siswa dan orang tua untuk melakukan pembayaran dengan lebih efisien. Penelitian ini akan membahas perancangan dan konstruksi situs web untuk informasi dan pembayaran SPP sekolah, dengan studi kasus yang dilakukan pada SMK Nurul Huda Buay Madang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Waterfall, dan situs web ini akan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Bootstrap.</em></p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/791 Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Dekstop 2024-01-31T06:59:06+00:00 M Iqbal Mustofa iqbal@unuha.ac.id Dimas Satriadi Iqbal Mustofa dimassatriadi@student.unuha.ac.id Puput Cendana Sari puput@gmail.com Ratih Nur Istiqomah ratih@gmail.com Alfrido Tegar Bimantoro alfrido@gmail.com <p><em>Sekolah SMK Nurul Huda Sukaraja merupakan sekolah terfavorit disukaraja, ada beberapa jurusan antara lain multimedia, perkantoran, administrasi perkantoran, dan sebagainya. SMK merupakan sekolah yang berbasis teknologi. Namun, perbaikan infrastruktur tidak dibarengi dengan perkembangan sistem informasi di dalam sekolah ini. Salah satunya adalah belum terkomputerisasinya sistem pengelolaan perpustakaan, dengan penerapan sistem manual yang membuat kurang maksimalnya kinerja perpustakaan. Beberapa Contohnya yakni sistem pencarian buku yang memakan waktu dan peminjaman buku yang masih dicatat dalam bentuk pembukuan atau manual. Hal ini membuat pelayanan terhadap siswa-siswi menjadi kurang baik. Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi perpustakaan yang diterapkan pada sekolah ini. Aplikasi tersebut berbentuk Desktop yang berisi kegiatan-kegiatan perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi sebuah sistem terkomputerisasi, contoh seperti pengelolaan daftar buku yang dipunyai oleh perpustakaan dalam bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi pengguna yaitu pegawai perpustakaan bisa menggunakannya dengan mudah.</em></p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/796 Penerapan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam 2024-01-31T07:08:34+00:00 Anggi Noviana novianaghie05@gmail.com Muarif Muarif muarif@stkipnurulhuda.ac.id sugiarti sugiarti giarti@stkipnurulhuda.ac.id Helen Febrianti Helen Febrianti hellenfebrianfi519@gmail.com <p>Motivasi belajar adalah faktor penting dalam mencapai keberhasilan akademik siswa. Bagi siswa SMA, pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menjadi tantangan karena kompleksitas materi dan kurangnya minat yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan metode permainan edukatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan edukatif secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Siswa yang terlibat dalam metode permainan edukatif menunjukkan peningkatan motivasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, hasil tes pemahaman Pendidikan Agama Islam juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok perlakuan.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/797 Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Melalui Sistem Informasi Menejemen Sekolah 2024-01-31T07:14:24+00:00 muarif muarif muarif@stkipnurulhuda.ac.id Mukhamad Fathoni fathoni@stkipnurulhuda.ac.id Nindy Devita Sari nindy@unuha.ac.id Nadif Vaujiah nadif@gmail.com <p>Pembangunan memiliki tujuan untuk menciptakan masyarakat yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Masyarakat yang berbudaya memerlukan manajemen pelayanan pendidikan yang efisien dan efektif, khususnya melalui penerapan sistem informasi manajemen sekolah berbasis IT. Pengambil keputusan di bidang pendidikan memegang peranan krusial dalam perencanaan, pengawasan, pemantauan, dan evaluasi sistem informasi manajemen pendidikan. Penelitian ini fokus untuk menggali lebih dalam tentang penerapan sistem informasi manajemen (SIM) guna meningkatkan kualitas layanan belajar-mengajar di SMK. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan SMK Nurul Huda Sukaraja sebagai populasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem informasi manajemen akademik dalam meningkatkan kualitas layanan belajar mengajar di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan SIM akademik sudah dilakukan dengan baik, pelaksanaannya dilakukan oleh kepala sekolah dan tim akademik SIM dengan hasil yang memuaskan. Meskipun demikian, saluran informasi masih belum optimal.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/795 Pemanfaatan Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja 2024-01-31T07:19:52+00:00 Puspita Damayanti puspitadamayanti363@gmail.com Sugiarti Sugiarti sugiarti@unuha.ac.id Mukhamad Fathoni Mukhamad Fathoni fathoni@stkipnurulhuda.ac.id Riri Mariansa Saib Riri Mariansa Saib ririmda22@gmail.com <p>Penelitian ini menjelaskan 4 tujuan. (1) Penyusunan kurikulum puisi dengan peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk mempelajari puisi dengan peta konsep. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep. (4) Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data dan verifikasi data. Pengujian kebenaran data diterapkan dengan menggunakan sumber dan teknik teknik segitiga. Hasil Penelitian ini memiliki 4 kesimpulan. (1) Proses penyusunan kurikulum puisi pada peta konsep dari lokakarya persiapan perangkat pembelajaran berupa kurikulum, program tahunan, program semester, RPP peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk pembelajaran puisi menggunakan peta konsep dengan meningkatkan profesionalisme guru, misalnya dengan meningkatkan pendidikan, pelatihan, seminar. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep yang berkaitan dengan pelaksanaan tujuan pembelajaran. Penerapan bahan pelajaran. Penerapan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutupan Gunakan lingkungan belajar yang sesuai. Pelaksanaan evaluasi kognitif, afektif dan psikomotorik. (4) Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran pembuatan dan penerapan instrumen dengan peta konsep puisi ringkasa</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi