https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/issue/feedBinary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi2025-01-31T15:35:41+00:00Open Journal Systems<div class="deskripsi"> <ol> <li>Journal Title: <a href="http://jsr.unuha.ac.id/index.php/binary">BINARY </a></li> <li>Initials: BINARY</li> <li>Frequency: -</li> <li>Online ISSN: -</li> <li>Print ISSN: -</li> <li>Editor in Chief: M Iqbal Mustofa</li> <li>DOI: -</li> <li>Publisher: Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Huda</li> </ol> </div> <p><strong>Jurnal Binary</strong> is Journal of Information Technology and Education managed by the Information Technology Education Study Program, Faculty of Education, Nurul Huda University. Binary Journal is published three times a year, namely in January, May, October.</p> <p>Binary has coverage of research in the fields of information technology development, learning media, learning technology, software design, and education. Binary is open access and can be read by anyone. </p> <p>Editorial address : <br />Kampus Universitas Nurul Huda. Jl. Kota Baru Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. </p> <p>Phone Number : +62 823 8698 7273</p> <p> </p>https://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/1281Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Aplikasi Pengolah Kata di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo2025-01-23T09:09:52+00:00Taufiq Edi Priyonotaufiq.fikrin.93@gmail.comNindy Devitasarinindy@unuha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pengolah kata di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pengolah kata di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo (3) Mengetahui respons peserta didik berkenaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pengolah kata di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). peneliti membatasi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu Pengembangan berbasis adobe flash kelas X di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Penelitian difokuskan pada uji kelayakan Media berdasarkan ahli media dan ahli materi. Dengan subjek penelitian 2 dosen Ahli dan 3 praktisi pembelajaran Informatika kelas X di SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Instrumen yang digunakan untuk penilaian mediaa meliputi lembar penilaian kelayakan untuk ahli materi, dan lembar penilaian kelayakan untuk ahli media.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasihttps://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/1282Pembuatan Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Proyektor Berbasis Web di Universitas Nurul Huda2025-01-23T10:45:16+00:00Diska Puspita Dewidiskapuspitadewi52@gmail.comuli rizkiuli@unuha.ac.id<p>Proses peminjaman proyektor untuk keperluan kegiatan proses pembelajaran di kelas merupakan aktifitas yang rutin dilakukan di Universitas Nurul Huda. Pada umumnya peminjaman proyektor ini dilakukan oleh mahasiswa atau dosen kepada staf penjaga proyektor dengan mengisi data atau form peminjaman proyektor secara tertulis atau secara manual. Namun dalam proses peminjaman tersebut ada kalanya terjadi beberapa kendala seperti ketidakpastian mengenai jumlah stok proyektor yang tersedia, ketidakpastian identitas peminjam, dan sulit untuk mengetahui keberadaan proyektor saat peminjaman, tanpa adanya sistem yang terstruktur, sulit untuk melacak dan siapa yang bertanggung jawab atas peminjaman dan pengembalian proyektor tersebut. Oleh karena permasalahan tersebut maka pada penelitian kali ini akan didesain dan dibangun sistem informasi peminjaman proyektor berbasis web yang berfungsi untuk mempermudah staf dalam pengelolaan data proyektor. Dengan sistem informasi peminjaman proyektor ini proses pengajuan peminjaman, persetujuan peminjaman, monitoring proyektor, dan pencarian status poyektor bisa dengan mudah dan cepat dilakukan. Metode pembangunan sistem yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall, dan untuk desain sistem menggunakan UML (Unified Modelling Languange). Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi peminjaman proyektor berbasis web dengan menggunakan framework Codeigniter 3 yang dapat mempermudah proses pengelolaan peminjaman barang.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasihttps://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/1285Pengembangan Media E-Komik Berbasis Website Canva pada Materi Sistem Komputer Kelas X di SMA Negeri 1 Belitang Jaya2025-01-23T11:29:36+00:00Fajar Sujatnikosujatnikofajar@gmail.comMukhamad Fathonifathoni@unuha.ac.idMuarifmuarif@stkipnurulhuda.ac.id<p>Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk media e-komik berbasis website canva sebagai salah satu sumber belajar untuk materi sistem komputer kelas X dan untuk mengetahui tingkat kemenarikan, kepraktisan dan efektifitas pengembangan media e-komik berbasis website canva. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan. Lokasi penyebaran angket peserta didik dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belitang Jaya dengan 20 sampel peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria kelayakan produk melalui ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai sebesar 85,5% kategori “sangat layak”, kriteria kepraktisan melalui ahli praktisi mendapatkan hasil sebesar 86% kategori “sangat praktis”, serta kriteria kemenarikan respon peserta didik dinyatakan sangat menarik dengan penilaian sebesar 93,5%.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasihttps://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/1286Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Hayzine Flip Books pada Materi Hardware dan Software2025-01-23T11:57:53+00:00Randi Supriyadirandisupriyadi6776@gmail.comMuhammad Iqbaliqbal@unuha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun dan mengembangkan E-modul pembelajaran dengan materi hardware dan software pada mata pelajaran Informatika untuk kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya, (2) Mengetahui kelayakan E-modul pembelajaran untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran.. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan 3D, yaitu Tahap Pendefinisian (Define), Tahap Perancangan (Design), dan Tahap Pengembangan (Develop). peneliti membatasi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu Pengembangan Modul Elektronik berbasis Augmented reality Pada Materi hardware dan software kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. Penelitian difokuskan pada uji kelayakan Media berdasarkan ahli media dan ahli materi. Dengan subjek penelitian 2 dosen Ahli media dari Universitas Nurul Huda dan 1 guru Informatika kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kelayakan E-modul pembelajaran meliputi lembar penilaian kelayakan untuk ahli materi, dan lembar penilaian kelayakan untuk ahli media. Uji kelayakan ahli materi mendapatkan hasil validasi sebesar (88%), Kualifikasi (sangat valid), dan kriteria kelayakan (sangat layak), tanpa revisi. dan hasil uji coba kelayakan ahli media mendapatkan nilai sebesar (74,54 %), Kualifikasi (valid), dan kriteria kelayakan (layak), (tanpa revisi).</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasihttps://jsr.unuha.ac.id/index.php/Binary/article/view/1287Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Excel Mata Pelajaran Informatika Materi Sistem Komputer Hardware Kelas X 2025-01-23T12:03:43+00:00Agung Fernandaagungfernanda@student.unuha.ac.idPamuji M Jakakjakak@unuha.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun dan mengembangkan media pembelajaran berbasis microsoft excel dengan materi hardware pada mata pelajaran Informatika untuk kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis microsoft excel untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDE, yaitu (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), dan (4) evaluasi (evaluation). peneliti membatasi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu Pengembangan media pembelajaran berbasis microsoft excel Materi hardware kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. Penelitian difokuskan pada uji kelayakan Media berdasarkan ahli media dan ahli materi. Dengan subjek penelitian 2 dosen Ahli dan 1 praktisi pembelajaran Informatika kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kelayakan media pembelajaran meliputi lembar penilaian kelayakan untuk ahli materi, dan lembar penilaian kelayakan untuk ahli media. Uji kelayakan ahli materi mendapatkan peresentase (90%), Kualifikasi (sangat valid), dan kriteria kelayakan (sangat layak), tanpa revisi. dan hasil uji coba kelayakan ahli media mendapatkan nilai sebesar (71 %), Kualifikasi (valid), dan kriteria kelayakan (layak), (tanpa revisi).</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi