Analisis Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas II: Faktor Penyebab dan Solusi

Authors

  • Arneta Putri Dwi Amanda Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Akmal Prakoso Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.775

Keywords:

Kesulitan Belajar, Membaca Permulaan

Abstract

Proses pembelajaran seringkali disertai dengan berbagai kesulitan yang dialami siswa, salah satunya kesulitan dalam membaca. Penelitian ini fokus pada kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II di SD 1 Jepang.  Meskipun kesulitan belajar dianggap hal wajar dalam proses perkembangan siswa, namun perlu dilakukan upaya untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan agar siswa dapat mengembangkan keterampilan membaca yang memadai di tingkat selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan membaca dan faktornya pada siswa kelas II SD 1 Jepang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam membaca kata-kata secara akurat dan lancar, faktor tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri meliputi tingkat kecerdasan siswa, motivasi, dan minat siswa yang rendah. Sedangkan untuk faktor eksternal muncul dari lingkungan keluarga itu sendiri, seperti kurangnya motivasi dan dorongan dari orang tua untuk membaca. Implikasi dari penerapan strategi yang dapat digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu memberikan jam tambahan kepada siswa dan bekerjasama dengan orang tua siswa dalam meningkatkan pembelajaran siswa baik itu di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Dwi Amanda, A. P., Prakoso, M. A., & Riswari, L. A. . (2024). Analisis Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas II: Faktor Penyebab dan Solusi. FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.775

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 99 | File Views: 63