Pengaruh Penggunaan Video Explainer terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Indah Permata Sari Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.677

Keywords:

Video Explainer, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video explainer terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Rejosari pada pembelajaran IPA. Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam belajar materi IPA bagian tubuh hewan dan fungsinya di sekolah dasar. Hal ini dikarenakan di dalam pembelajaran IPA tidak semua peserta didik dapat mengerti dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16 untuk menghitung rata-rata motivasi belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t tes. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 untuk variabel X dan Y sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara video explainer terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Rejosari pada materi IPA bagian tubuh hewan dan fungsinya. Pembelajaran dengan menggunakan video explainer merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru sebagai perantara untuk menyampaikan pelajaran yang telah direncanakan oleh guru pada peserta didik sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai dan lebih termotivasi dalam belajar.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Permata Sari, I., Purnama Pertiwi, R. ., & Rosa Sinensis, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Video Explainer terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.677

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 63 | File Views: 65